Yan Vellia ingin ikut dalam mobil Jenazah Didi Kempot

Didi Kempot dimakam samping Lintang atas permintaan istri pertama

SOLODetik menegangkan saat membawa Didi Kempot dari kediaman tempat tinggal menuju rumah sakit Kasih Ibu Solo, masih lekang dalam ingatan Yan Vellia (37), istri kedua almarhum. Dan begitu membekas saat almarhum yang memberikan dua anak – Saka (10) dan Seka (3), meninggal dalam penglihatannya, selasa pukul 07:45 (5/5).

“Ibu tidak menyangka kejadiannya secepat ini (meninggal). Jadi sangat shock,” jelas Diah, asisten rumahtangga di rumah Didi Kempot dan Yan Vellia.

Di rumah dua lantai itu, terletak di jalan Mataram 6 no.5 Solo, tidak jauh dari rumah Presiden Jokowi, diakui Diah pasangan musisi ini selalu harmonis. Waktu luang jika tidak ada kegiatan dilewati pasangan berbeda 15 tahun itu, di dalam rumah, dan bersosialisasi dengan tetangga.

Sebagai penyanyi campur sari, Didi Kempot mendukung profesi Yan sebagai penyanyi dangdut. Pernah terlihat oleh Diah bagaimana cara almarhum mengarahkan Yan berkualitas sebagai penyanyi saat latihan didalam rumah.

“Mas Didi sesekali datang kesini. Karena kesibukannya sangat padat. Sekitar pukul 8 malam (4/5), mas Didi datang ke rumah. Tidak lama minta dikeroki mamahnya anak anak (Yan Vellia). Sempat tertidur. Mendadak paginya sama supir dibawa ibu ke rumah sakit, katanya sesak napas,” sedih Diah melihat almarhum terakhir kali di rumah.

Diah melihat kesedihan mendalam Yan Vellia. Saat mobil jenazah melintasi depan rumah, untuk dimakamkan di Ngawi, terdengar suara parau Yan memanggil sebutan Papa pada almarhum.

“Keinginannya (Yan Vellia) bisa bersama di dalam mobil jenazah. Tapi akhirnya ikut di mobil belakangnya,” ujar Diah.

Di TPU Dukuh Jatisari Ngawi, jenazah Didi Kempot dimakamkan sebelah kuburan Lintang, anak pertama almarhum dari pernikahan pertamanya dengan Saputri. Dengan Saputri, Didi memperoleh 3 anak : Lintang (meninggal di usia 6 bulan), Siola Putri Reginaresi (akrab disapa Ola, berusia), dan anak terakhir meninggal dalam kandungan.

(* Totok Waluyo)