Pantai Talise Palu itu

Palu – Pantai Talise menjadi lokasi wisata di kota Palu. Setiap hari dari sore sampai malam selalu ramai dikunjungi. Baik warga lokal maupun wisatawan, memenuhi sepanjang pinggir pantai. Duduk bercengkerama memandang laut lepas, sambil menyantap jajanan para pedagang.

Di lokasi wisata itu kini berubah seketika. Area sepanjang pantai kini penuh dengan sampah, dan banyak jenazah berserakan. Belum lagi diantara pengunjung pantai ada yang terlempar jauh, akibat terjangan tsunami. Tercatat 521 orang meninggal khusus di kota Palu. Sungguh pilu.

Terlihat juga jembatan kuning rusak parah. Jembatan kebanggaan warga Palu itu disebut jembatan Vatulemo. Karena warna kuning jembatannya, terlihat di malam hari sungguh indah.

Sebelum terjadi gempa tsunami pukul 17:22 wita (28/9), hampir sebagian besar kota di Sulawesi Tengah bermasalah dengan penerangan. Dalam beberapa kali dalam sehari listrik selalu padam. Karenanya warga mempelesetkan Palu dengan PAdam meluLU.

KlikCafe Smart Avenue rata dengan tanah

Akibatnya setelah gempa dan tsunami usai, lokasi di area pantai Talise gelap gulita. Begitu juga seluruh bangunan yang berada di sepanjang pantai Talise. Seluruh kota Palu padam aliran listrik.

 

 

( * Hendra )