50 juta tangkap pembuang sampah

Jakarta – Banyaknya sampah tersebar di perairan laut Indonesia, tidak saja ditanggapi keras masyarakat di forum Internasional, juga Presiden Joko Widodo. Karenanya, Andreas Jumanto (30) selaku pemerhati lingkungan, memberi hadiah 50 juta rupiah, pada siapa saja yang mampu memberi bukti pelaku atau kapal yang membuang sampah di laut Indonesia.

Hal ini ditegaskan Tole – panggilan akrab Andreas Jumanto, mengingat dampak pembuangan sampah di laut, mampu merusak ekosistem kehidupan
lingkungan di laut.

“Kondisinya sudah tingkat mengkhawatirkan. Banyak spesies hewan dilaut, dari plankton sampai ikan besar telah terkontaminasi kesehatannya. Apa jadinya saat manusia memakannya ?” ujar Tole.

Ia pun sepakat dengan gerakan yang dilakukan masyarakat Forum Internasional, untuk bertindak pro aktip mengambil tindakan keras pada pelaku yang membuang sampah dilaut.

“Limbah sampah di perairan laut Indonesia terbesar di ASEAN. Atau nomer dua di dunia setelah Cina. Jadi tidak bisa dibiarkan. Kementrian dan lembaga terkait, juga melakukan rencana aksi nasional. Mengingat permasalahan sampah laut sudah menjadi lintas sektoral,” papar Tole.

Untuk itu, Tole menganggarkan 50 juta rupiah, untuk 5 orang pengirim bukti berupa Foto dan Video, pada pelaku pembuang sampah. Termasuk pada kapal yang melakukan pembuangan sampah di laut.

Kiriman berupa bukti bisa di e-mail ke: didi_wi@yahoo.com.