Sebelum putus jembatan penghubung lokasi wisata penangkaran rusa sempat oleng agak kencang

Bogor – Musibah terjadi di lokasi wisata penangkaran rusa di Kampung Girijaya Desa Buana Jaya, Kecamatan Tajungsari, Bogor. Jembatan gantung penghubung sepanjang 40 meter, terbuat dari anyaman bambu putus, pukul 13:45 (1/1). Saat itu, lebih dari 30 wisatawan berada di atas jembatan langsung tercebur ke sungai Cibeet, yang memiliki arus deras dan bebatuan besar.

Wisata penangkaran rusa selama ini menjadi lokasi pavorit keluarga. Selain memiliki alam indah, juga lingkungannya masih asri. Tak ayal banyak keluarga membawa anak-anaknya, menikmati wisata penangkaran rusa. Melihat dari dekat dan memberi makan langsung binatang yang sengaja dilepas bebas.

sebelum jembatan putus

Saat menuju lokasi dari Taman Mekarsari Cilengsi sudah disuguhi pemandangan alam indah. Begitu juga saat menuju ke gerbang pintu masuk, lebih dulu wisatawan melewati jalan aspal menurun curam. Setelah sampai di lokasi, wisatawan harus melewati jembatan gantung lebih dulu, sebagai satu-satunya jalan untuk menuju lokasi penangkaran hewan rusa.

Di sisi jembatan gantung tertera tulisan hanya dapat dilewati 10 orang. Namun di hari senin siang itu, beberapa saksi mata melihat lebih 30 orang berada berjalan di atas jembatan.

Mendadak suara teriakan terdengar, bersamaan dengan putusnya jembatan gantung tersebut. Seluruh wisatawan yang berada di jembatan setinggi 6 meter diatas sungai langsung tercebur. Dari data diperoleh, 2 orang luka berat, 3 orang luka sedang, 26 luka ringan, dan konon 1 wanita orang meninggal dunia.

“Yang luka berat dan meninggal dibawa RSUD Cileungsi. Saya sempat lihat detik detik jembatannya putus,” papar Rini yang saat itu lebih memilih menunggu daripada memaksakan jalan di atas jembatan tersebut.

Terlihat oleh Rini, saat itu jembatan sudah bergerak agak kencang kiri kanan. Banyak wisatawan yang berada di atas jembatan anyaman bambu, memegang pinggir tali jembatan. Dalam hitungan detik, jembatan itupun putus dan menghujam ke sungai.