Semobil dengan Setya Novanto, wartawan Hilman kaya ?

Hilman bersama Iman Gusman

Jakarta – Profesi wartawan memungkinkan dekat dengan nara sumber. Tak siapapun tokohnya mampu ‘didekati’. Karena itu, kedekatan Hilman Matauchi dengan Setya Novanto tidak heran di kalangan wartawan Parlemen, yang berada di gedung MPR DPR. Apalagi jurnalis Metro TV itu, pernah menjabat sebagai Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen periode 2014-2016.

Tenis meja pemberian Setya Novanto itu, terletak di belakang samping ruang wartawan di DPR. Diharapkan para wartawan peliput di Gedung MPR DPR, dapat menggunakannya sebagai refresing berolahraga.

Keberadaan tenis meja, menjadi salah satu bentuk perhatian Setya Novanto pada wartawan peliput di DPR. Namun tidak kalah pentingnya, wartawan yang mangkal di gedung perwakilan rakyat itu, bisa dekat dengan nara sumber anggota DPR lainnya.

Namun tidak kalah meneriknya, menjadi Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen, tidak ubahnya seperti memilih kepala daerah. Pemenangnya ditentukan oleh suara terbanyak perolehan suara anggota wartawan parlemen yang terdaftar.

“Bahkan, kekuatan uang juga menentukan. Karena tidak mudah menjadi ketua, selain diperlukan keahlian berorganisasi, juga Ketua diharapkan mampu mewujudkan rencana kegiatan (wartawan parlemen),” ujar Ahmadi wartawan yang ngepos di DPR.

Dengan menjadi ketua parlemen di DPR, menjadi kekuatan tersendiri bertemu dengan anggota DPR. Termasuk jika anggota DPR memerlukan kehadiran wartawan, biasanya ketua Parlemen yang maju lebih dulu menemuinya, kemudian diteruskan ke anggota wartawan parlemen lainnya.

“Sistim menjadi ketua Parlemen ketat disini. Tidak mudah. Karena menjadi ketua parlemen, memiliki kemampuan lebih. Apalagi Ketua Parlemen hubungan kerjanya luas,” papar Ahmadi.

Seperti diberitakan, Hilman Matauchi kelahiran Palembang, Sumatra Selatan, satu mobil dengan Setya Novanto pada peristiwa kecelakaan di Permata Hijau, Jakarta Selatan, Kamis pukul 19:00 (16/11). Hilman mengemudikan mobil Fortuner hitam nopol B 1732 ZLO, yang telah dipakainya setahun, dan masih STNK pemilik Fortuner sebelumnya.

Duduk disamping kursi depan sebelah Hilman, yakni Reza Pahlevi yang merupakan ajudan Setya Novanto. Sementara Setya Novanto duduk di kursi tengah.

Akibat kecelakaan itu, Setya Novanto kini mendapat perawatan di kamar VVIP kamar 705 RSCM. Sedangkan Reza dan Hilman tidak dirawat.

 

(*Didi)