Viral bocah penjual tissue duduk jualan saat hujan

Pekanbaru – Terenyuh. Itulah yang dirasakan Mona saat meluncur pulang ke rumah. Di tengah perjalanan, tepatnya di depan SPBU 4 SKA, Ia melihat bocah berseragam TK duduk di atas trotoar di tengah hujan sedang.

“Anak itu tetap duduk di trotoar meski sedang hujan. Seluruh tubuhnya basah. Akhirnya suami mendatanginya,” ujar Mona yang saat itu bersuami melaju pulang dengan motor.

Tak disangka Mona, dari penjelasan suaminya diperoleh tentang anak itu. Bocah usia 6 tahun, mengaku tidak boleh pulang ke rumah sebelum tissue yang dibawanya terjual.

“Tidak begitu cara orangtua memperlakukan anaknya,” geram Mona.

Ia pun membagikan foto anak itu dengan suaminya. Postingan di akun Instagram @debiramona, pada 7 November 2017 menjadi viral.

“Setelah suami membeli 1 bungkus tissue seharga 10.000, akhirnya anak itu mau pulang setelah berhasil dibujuk suami. Dari jalannya terlihat lesu seperti terpaksa pulang,” prihatin Mona pada nasib si anak.

Mona berharap agar peristiwa seperti ini menjadi perhatian KPAI, sebagai lembaga berwenang mengurusi masalah anak dan ibu. Apalagi cara perlakuan orangtua pada anak penjual tissue itu, dapat dianggap pelanggaran berat.

“Haruskah anak turun kejalan mencari nafkah, sementara orangtuanya diam di rumah,” protes Mona berharap seberat apapun ekonomi tetap tanggung jawab orangtua mencari uang.