Taksi online bebas di Soeta, susahnya cari lahan parkir padat

Jakarta – Plus minus diberlakukannya taksi online beroperasi di bandara Soeta memiliki dampak tersendiri. Selain supir online kini tidak main kucing-kucingan angkut penumpang, namun tidak kalah penting parkir di bandara Soekarno Hatta (Soeta) makin bertambah ramai. Praktis butuh waktu ekstra mencari lokasi parkir yang belum ditempati.

Susahnya mencari lahan parkir kosong di bandara Soeta, dikeluhkan banyak calon penumpang membawa kendaraan pribadi. Saking susahnya membuat penumpang keberangkatan terminal 1B misalnya, baru mendapat parkir setelah mendapatkan lahan parkir di terminal lainnya.

Waktu lama mencari parkir disiasati penumpang turun lebih dulu, agar bisa masuk ke ruang cek in pesawat. Praktis keluarga meminta si supir atau salah satu keluarganya mencari parkir kosong. Sebab jika tidak dilakukan hal itu, dikhawatirkan dapat gagal terbang.

Seperti sore hari di terminal 1B keberangkatan (22/10). Lahan parkir penuh terisi kendaraan. Tidak jelas apakah kendaraan online atau milik pribadi, namun para supir berkerumun di sisi jalan trotoar depan terminal. Ada yang berbicara sesama temannya, juga ada yang sedang telepon, juga diantaranya menawarkan jasa pada penumpangnya yang sedang berjalan ke parkiran.

Sementara parkir yang sudah sesak, seperti mudah untuk para ‘sesama’ pengemudi. Dengan mudahnya mobil yang tidak memungkinkan parkir, bisa parkir meski menghalangi kendaraan lain keluar masuk.

Petugas bandara Soeta sepertinya memaklumi kondisi cara parkir demikian. Terbukti parkir dengan cara itu dilewati begitu saja. Dan si petugas lebih memilih mengatur arus lalu lintas yang macet mencari parkir, dan kendaraan keluar dari parkiran.

Begitupun dengan kemudahan memperoleh taksi online di bandara Soeta, yang saat ini baru aplikasi Grab membuka counternya di terminal 1 dan 2 bandara Soeta, penumpang juga dibebankan biaya pemesanan selain biaya jarak tempuh tujuan. Jadi jika dihitung pun beda tipis dengan taksi konvesional yang telah ada di bandara Soeta selama ini.