Jaksa Agung RI yakin Siti Aisyah tidak bersalah

HM Prasetyo

Jakarta – Menjelang putusan sidang kasus Siti Aisyah di Malaysia, HM Prasetyo selaku Jaksa Agung mengirim 2 jaksa senior untuk mengikuti jalannya persidangan. Dengan tujuan untuk mendalami keterkaitan antara motif dan kemungkinan adanya aktor intelektual di balik kasus terbunuhnya Kim Jong Nam.

HM Prasetyo melihat kecil kemungkinan Siti Aisyah disangka sebagai pelakunya. Karena banyak faktor menguatkan kalau Siti Aisyah merupakan korban atas peristiwa tersebut.

“Soal racun syaraf VX, ini hanya dimiliki intelijen asing. Karena barang itu langka, bagaimana Siti Aisyah mendapatkannya, sementara soal racun itu saja dia tidak tahu,” ujar Prasetyo.

Prasetyo tidak habis pikir, Siti Aisyah dituduhkan sebagai pelaku. Sementara latar belakang tidak dimungkinkan Siti mengenal korbannya.

“Saya yakin Siti Aisyah adalah korban dimanfaatkan pelaku sebenarnya. Dia diberdayakan tanpa diketahuinya, melakukan pekerjaan berakibat korban meninggal. Unsur melakukan perbuatan dengan kesengajaan tidak ada pada diri Siti. Karena melakukan sesuatu kesengajaan harus ada niat,”ujar Prasetyo.

Meski demikian, Prasetyo menyerahkan hasil akhir putusan pengadilan pada diri Siti Aisyah dan temannya, Doan Thi Huong asal Vietnam, pada hakim yang menangani perkara tersebut. Karena putusan itu harus berlandas keadilan pada kebenaran, yang harus digali selama persidangan.