Calon Pengganti Raja Salman, sosok gaul dan muda

Mohammed bin Salman

Arab Saudi – Mohammed bin Salman (31), calon raja Arab Saudi dikenal gaul. Banyak kaum muda yang mayoritas penduduk di Arab Saudi, suka cita dengan diangkatnya Mohammed bin Salman menggantikan Mohammed bin Nayef, oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Lewat dekrit 21 Juni 2017, Mohammed bin Salman resmi sebagai calon putra mahkota. Sebelumnya, lulusan Al Saud University di jurusan jurusan fakultas hukum ini, sebagai wakil calon putra mahkota.

Namun kesalahan melanggar hukum yang dilakukan Mohammed bin Nayef (52), membuat Raja Salman bertindak tegas, dengan mencopot posisinya sebagai calon putra mahkota. Otomatis Mohammed bin Salman menjadi penggantinya.

Mohammed bin Salman dikenal sangat dekat dengan raja Salman. Bahkan Raja Salman acapkali meminta pendapat Mohammed bin Salman, dalam hal strategis menyangkut kepentingan negara.

Kepandaian yang dimiliki Mohammed bin Salman, membuatnya lebih menonjol dibanding anak Raja Salman lainnya. Seperti dijelaskan kantor berita Reuters, Raja Salman mempertimbangkan kearifan dan kecerdasan calon penggantinya, jika dirinya kelak meninggal.

Mohammed bin Salman tidak saja sebagai calon putra mahkota. Sosok calon raja tampan ini memiliki wawasan luas di usia mudanya. Sehingga Raja Salman memberi kepercayaan pada Mohammed bin Salman, juga menjabat sebagai wakil perdana menteri dan menteri pertahanan serta ekonomi kerajaan Arab Saudi.

Dengan usia mudanya itu, Mohammed bin Salman merupakan calon raja termuda di dunia. Dan sosok yang akan membawa perubahan di Arab Saudi, setelah raja Salman yang kini sakit-sakitan meninggal dunia.

Dalam silsilah kerajaan Arab Saudi, Raja Salman memperoleh 13 anak dari 3 istri. Hanya satu anak wanita yang dimiliki Raja Salman bernama Putri Hussa (33). Sedangkan 12 anak lainnya adalah lelaki.

Dati 13 anak Raja Salman, sosok Mohammed bin Salman lebih menonjol dalam banyak hal. Mohammed bin Salman yang merupakan sulung dari 6 bersaudara, adalah dari pernikahan Raja Salman dengan istri ketiga, bernama Fahda binti Falah bin Sultan al-Hithalayn. Urutannya anak Raja Salman dari Fahda binti Falah, yakni : Pangeran Mohammed, Pangeran Turki, Pangeran Khalid, Pangeran Nayif, Pangeran Bandar, dan Pangeran Rakan.

Sementara Raja Salman memperoleh keturunan dari istri keduanya bernama Sarah binti Faisal al-Subai’ai, hanya seorang, yakni Pangeran Saud.

Sedangkan dari istri pertamanya bernama Sultana (almarhum), raja Salman memperoleh 6 anak, yakniu : Pangeran Fahd, Pangeran Sultan, Pangeran Ahmed, Pangeran Abdulaziz, Pangeran Faisal, dan Putri Hussa.