Bupati Banyuwangi siapkan bus wisata gratis

bus wisata banyuwangi

Abdullah Azwar Anas selaku Bupati Banyuwangi tersenyum bangga, citra kota yang dipimpinnya terus bergerak naik. Terlebih dunia Internasional kini ‘terhipnotis; berkunjung ke ujung Propinsi di Jawa Timur itu, setelah Pulau Bali.

Sektor pariwisata menjadi primadona Banyuwangi. Terlebih setelah dibukanya jalur penerbangan Jakarta Banyuwangi yang dapat didarati pesawat besar, yang selama ini hanya dapat disinggah pesawat kecil.

Pesona indah pariwisata yang ada di Banyuwangi, menjadikan Anas lebih meningkatkan pelayanan moda transportasi lain di  Banyuwangi. Salah satunya dengan disediakan bus gratis oleh Pemda Banyuwangi, menuju beberapa lokasi wisata unggulan.

“Bus wisata gratis ini masih di uji coba dulu. Kita akan terus menyempurnakan pelayanan selama soft launching. Sehingga wisatawan baik dalam dan luar negeri nantinya, menjadi nyaman selama wisata di Banyuwangi. Kehadirannya (bus wisata) tidak mengganggu moda transportasi lainnya di Banyuwangi. Apalagi operasionalnya sabtu minggu saja. Kita ciptakan kenyamanan semua pihak,” ujar Anas.

Meski saat ini baru tersedia 2 unit medium bus dengan kapasitas tempat 21 tempat duduk, dan 1 unit station kapasitas 10 orang, namun ke depan seiring dengan kebutuhan akan ditambah lagi. Untuk obyek wisata yang dilewati kendaraan gratis ini, Pulau Merah, Bangsring Underwater dengan melewati perkotaan (city tour). Sedangkan bus dengan kapasitas 10 orang, khusus  melayani rute Kawah Ijen.

Untuk memperoleh pelayanan gratis, wisatawan dapat mengisi form yang disediakan secara online, di website. Kemudian setelah megisi data, wisatawan dapat menunggu di titik keberangkatan, yakni terminal bus banyuwangi. Di lokasi itu, pihak Pemda banyuwangi menyediakan Tourist Information Center (TIC). Sehingga wisatawan dapat memperoleh informasi lengkap berbagai obyek wisata di Banyuwangi.

 

(*Arif Ridwan)