Makna dan arti warna cat pada dinding rumah

Warna cat pada dinding rumah memiliki makna dan arti tersendiri. Jadi tidak boleh asal mengaplikasikannya pada semua ruangan. Bila salah menerapkan, konon berdampak Yin Yang dan aliran chi menjadi tidak seimbang.

Dalam ilmu fengshui, warna mampu menghasilkan suatu getaran. Baik secara sadar maupun tidak, dapat mengena pada diri kita dan orang lain. Karena sebuah warna, dapat mempengaruhi pandangan orang lain terhadap kita dan citra kita

Sebuah warna dapat memberikan energi-energi kuat, dan mampu  mengalirkan getaran energi positif maupun negatif. Ini terjadi karena unsur Yin Yang dan aliran Chi menjadi hal yang tidak terpisahkan.

Aliran Chi merupakan energi dari dalam diri kita. Sementara Yin dan Yang merupakan satu rangkaian yang tidak bisa terpisahkan, dan saling mempengaruhi. Bila digambarkan Yin Yang sebagai bentuk sinar matahari.

Ibaratnya Yin secara harafiah yaitu tempat yang teduh, atau daerah gelap. Sementara Yang sebagai tempat yang cerah, terang, atau bagian yang tidak terhalang oleh benda apapun saat bersinar

Saat matahari bergerak, Yin Yang saling bertukar tempat satu sama lainnya. Dengan kata lain, di satu sisi mengungkapkan apa yang tidak jelas, dan di sisi lain menyembunyikan yang sudah terungkap.

Yin ditandai dengan sesuatu yang lambat – lembut – menghasilkan – menyebar – dingin – basah dan pasif, dan berhubungan dengan air – bumi – bulan – feminitas, dan malam hari.

Sementara Yang ditandai dengan keras – cepat –padat – fokus – panas – kering dan agresif, serta Yang berhubungan dengan api – langit – matahari – maskulin, dan siang hari.

Agar sebuah warna dapat  memberikan energi dan kesejahteraan bagi pemilik rumah, perlu menciptakan harmonisasi warna berdasarkan ilmu Fengshui berikut ini :

Warna Putih (Yang)
Mensimbolkan permulaan, bersih, suci, kemurnian, kepolosan, segar dan kebebasan. Sisi positipnya yakni bersih dan segar, namun sisi negatipnya hampa atau dingin.
Warna ini sangat cocok untuk ruang keluarga, ruang santai maupun dapur. Dan warna ini tidak cocok untuk digunakan pada ruang tidur anak atau ruang makan keluarga.

Warna Hitam (Yin)
Memberi simbol independent, misterius, rahasia dan protektif. Warna ini merupakan kebalikan dari prinsip keterbukaan. Sisi positipnya yakni kekuatan dan daya tarik, sedang sisi negatipnya kegelapan. Warna ini cocok untuk kamar remaja. Dan tidak cocok pada mereka yang punya jiwa ekspresif.

Warna Biru (Yin)
Warna ini dianggap sebagai penyeimbang, karena sipatnya menenangkan api (merah). Warna biru disimbolkan kedamaian, kebenaran, kesejukkan, kesabaran, kedamaian dan juga dapat dikaitkan dengan nilai spiritualitas. Sisi positipnya yakni stabilitas atau kepercayaan, sedangkan sisi negatipnya yakni kecurigaan. Warna ini cocok untuk pribadi, seperti : ruang terapi, ruang tidur dan ruang meditasi. Namun tidak cocok digunakan untuk ruang makan atau ruang kerja.

Warna Merah (Yang)
Warna merah mewakili unsur api dan dianggap beruntung. Merah juga dikaitkan dengan berani. Warna merah mampu membuat aksen sangat menarik, sehingga menguatkan kesan memperbesar suatu obyek dengan memberikan sedikit sentuhan. Sisi positipnya yakni hangat dan kemakmuran, dan sisi negatipnya kemarahan – rasa malu dan kebencian. Khusus untuk orang-orang yang terlalu aktif atau cemas, jangan menggunakan warna merah di kamar tidur. Jadi warna ini cocok digunakan di ruang makan, ruang tidur anak, dapur, tempat kerja atau kantor.

Warna Ungu (Yin)
Ini warna yang impresif, atau mempunyai nilai spiritual yang tinggi, juga menyimbolkan inspiratip. Sisi positipnya yakni gairah – energik dan memotivasi. Sedang sisi negatipnya yakni kesedihan atau menekan. Warna ini bisa digunakan pada ruang tidur maupun ruang meditasi. Dan tidak cocok untuk dapur dan kamar mandi.

Warna Pink (Yin)
Menyimbolkan kemurnian dan suasana romantis. Dan warna ini acapkali diasosiasikan dengan rasa ketidakbersalahan (polos). Sisi positipnya, yakni : romantis – keceriaan dan gembira. Sementara sisi negatipnya tidak ada. Warna ini cocok untuk ruang tidur. Tapi kurang cocok untuk kamar mandi atau dapur.

Warna Hijau (Yin)
Warna ini memberi simbol pertumbuhan, menenangkan, keasrian, kesuburan dan harmoni. Pada ruangan yang menggunakan nuansa warna hijau, akan memberikan nuansa segar dan keteduhan. Sisi positipnya optimisme, kebebasan dan keseimbangan. Sedangkan sisi negatifnya yakni iri hati, permusuhan dan curang. Warna ini bisa digunakan untuk kamar mandi, ruang terapi dan conservatory. Tapi tidak cocok dipakai di ruang keluarga, ruang bermain atau ruang belajar.

Warna Kuning (Yang)
Warna ini disimbolkan dengan intelektualitas dan pencerahan. Bahkan warna ini mampu menjernihkan pikiran dan menyehatkan pencernaan, menstimulasi otak atau pikiran. Sisi positipnya yakni optimisme, akal dan ketegasan. Sedang sisi negatipnya kaku atau berlebihan. Warna ini cocok digunakan pada pintu masuk, gang atau koridor serta dapur. Tapi warna ini tidak cocok untuk kamar mandi atau ruang meditasi.

Warna Coklat (Yang)
Warna ini memberi simbol berbobot. Warna ini memiliki karakter elegan dan memiliki stabilitas yang tinggi. Sisi positipnya yakni elegant, dan sisi negatipnya yakni kotor, depresi dan tua. Warna ini cocok dipakai di ruang belajar dan ruang kerja. Tapi tidak cocok dipakai di kamar tidur.

Warna Oranye (Yang)
Memberi simbol kegembiraan dan kuat dalam mendorong komunikasi. Warna ini memiliki sisi positip yakni intelek dan konsentrasi. Sedangkan sisi negatipnya yakni pemberontakkan.
Warna ini cocok untuk ruang tidur, ruang makan dan gang atau koridor. Tapi tidak cocok untuk ruangan tidur kecil.

Sebagai catatan, plihan warna yang netral membuat ruang seakan tenang. Aksen warna yang tegas akan membuat ruang menjadi bergairah dinamis.