Menuju Jabar 1, Kang Dedi : kudu ngukur awak sakujur

Dedi Mulyadi

Gema Pilkada Jawa Barat mulai menggeliat. Banyak nama disebut sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Salah satunya Kang Dedi selaku bupati Purwakarta kini ramai dibicarakan, Sambutan positip pada pria multi talent ini, dirasakan hampir menyebar di seluruh kabupaten di Jawa Barat.

Tidak ada yang tidak mengenal kang Dedi, begitu kesan yang dirasakan penulis. Saat disambangi berbagai kabupaten, seperti : Bekasi, Kerawang, Sumedang, Cianjur, warga setempat begitu antusias saat ditanya tentang sosok Dedi Mulyadi.

Senada mereka berharap, Kang Dedi dapat terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat nantinya. Alasan pun beragam, ada yang menganggap kang Dedi mampu membuat perubahan lebih baik Purwakarta, baik dibicarakan di tingkat nasional dan Internasional, juga alasan lainnya sosok Dedi pintar serta cepat tanggap terhadap kebutuhan warga.

“Beliau orangnya gak perlu dibilang, tapi langsung menjalankan apa yang diinginkan warganya. Orangnya juga pengertian dan peka pada lingkungan. Keluarga saya di Purwakarta bilang, inginnya Kang Dedi jadi bupati Purwakarta saja selamanya. Karena susah mencari pengganti seperti beliau,” papar Ida warga Kerawang.

Namun, Ida memaklumi jabatan kang Dedi telah dua kali sebagai Bupati Purwakarta, tidak memungkinkan kembali melanjutkan sebagai bupati Purwakarta. Ida berharap Dedi dapat terpilih sebagai Gubernur Jabar nantinya.

Sambutan positip juga dikatakan Setya Novanto selaku ketua umum Golkar. Bahkan, Setnov – panggilan akrabnya, menaruh harapan sekaligus memberi nasehat pada kang Dedi, untuk lancar terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat.

Begitupun, Kang Dedi yang merupakan ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, merendah diri tidak segera mendeklarasikan sebagai Cagub Jawa Barat. Meski di sisi lain, banyak permintaan untuknya segera proklamirkan diri sebagai Cagub Jawa Barat.

Pria yang memiliki segudang ide beralasan, lebih memilih menunggu sambil mengukur diri sendiri dulu. Jelasnya, “Kalau kata orang Sunda mah kudu ngukur awak sakujur (melihat keseluruhan dari diri sendiri),” ujar ayah dua anak ini.

Meski demikian, sosok Dedi dianggap banyak kalangan dan tokoh masyarakat, pigur tepat sebagai Gubernur Jabar nantinya. Bahkan, sangat disayangkan jika masyarakat Jabar memilih calon lainnya.

“Beliau guru saya, tentunya saya mendukungnya,” papar dr. Cellica Nurrachadiana selaku bupati Kerawang.