Keluarga saksikan detik Al Jarreau meninggal

Alwynn Lopez Jarreau (76), atau lebih beken dikenal Al Jarreau – musisi jazz dunia, meninggal dunia pukul 9 pagi waktu setempat (12/2), di rumah sakit Los Angeles, disaksikan istri, anak dan kerabat dekatnya.

Musisi dunia sedih dengan kabar duka, pelantun hits Breakin’ Away, We’re in This Love Together dan sejumlah lagu terkenal lainnya, meninggal dunia. Mengingat almarhum telah membawa kebangkitan musik Jazz selama akhir hidupnya.

Karena semangat dan penampilannya di berbagai panggung musik jazz, almahum dianggap sebagai ikon musik jazz dunia. Banyak prestasi bergengsi telah diraihnya. Penghargan, tujuh Grammy Awards, untuk tiga genre berbeda, yakni : jazz, pop, dan R&B, dianggap sebagai pencapaian yang langka, yang tidak dimililiki musisi lainnya. Terakhir Al Jarreau pada perayaan International Jazz Day, mendapat penghargaan dari Presiden Barack Obama di  Gedung Putih.

Almarhum dilahirka di Milwaukee, pada 12 Maret 1940. Usai meraih gelas sarjana S2 di bidang kejuruan rehabilitasi pada Universitas Iowa, Al Al Jarreau pindah ke San Fransisco. Di lokasi negara bagian Amerika Serikat itu, Al Al Jarreau terjun ke musik setelah berkenalan dengan musisi jazz legendaris, George Duke.

Almarhum mulai masuk dapur rekaman di tahun 1975, dengan single We Got By”. Dan Dua tahun kemudian, Al Jarreau memperoleh piala Grammy pertamanya, berkat album Look to the Rainbow.