Ni Putu Eka Wiryastuti Bangun Candi di Jawa Timur

Warisan budaya nasional atau warisan budaya bangsa, adalah cermin tingginya peradaban bangsa. Salah satu ciri bangsa besar dan maju, mampu menghargai dan melestarikan warisan budaya nenek moyang. Karenanya, perlu melestarikan peninggalan budaya yang ada.

Ni Putu Eka Wiryastuti, terpanggil membangun Candi Leluhur Majapahit, di Desa Sumertanggul Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Renovasi candi sebulan setengah itu, merupakan bukti nyata Ni Putu menjaga peninggalan sejarah, serta wujud kecintaan dia pada kebesaran bangsa Indonesia.

“Generasi sekarang tidak bisa hanya melihat masa ini dan masa depan saja. Namun jika ingin menjadi bangsa yang besar, harus melihat kebelakang, kepada sejarah yang pernah terbangun di negeri ini, serta belajar dari para pendahulu kita,” ujarnya selaku Bupati Tabanan, Bali.

Ni Putu menjelaskan pembangunan candi ini, merupakan perhatian tulus dari dirinya, dan rasa kecintaan terhadap leluhur Majapahit. Sehingga dirinya segera turunkan tim, membuat film dokumenter sejarah Kerajaan Majapahit.

Sementara itu, I Wayan Tontra selaku Ketua Parasida Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Tabanan, mengapresiasi langkah Ni Putu patut dicontoh.

“Ia memiliki sisi spiritual yang kuat, dan dalam memimpin daerahnya, ia kerap menyeimbangkan antara pembangunan fisik dan mental. Dengan adanya candi ini, dapat menjadi nilai wisata, dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,“ ujar Tontra.