Festival Walungan Cikao, wisata sejarah di Purwakarta

Revitalisasi Sungai Cikao menjadi kawasan wisata, sekaligus menghidupkan ‘Kampung Parahu’ di Purwakarta. Aneka program disiapkan pemda setempat, salah satunya Festival Walungan Cikao, di lokasi bantaran Sungai Cikao.

Festival baru pertama kali digelar ini, menghadirkan puluhan perahu hias. Para peserta begitu antusias menghadirkan perahu hiasnya. Bagitu juga antusias warga yang menyaksikan jalannya parade perahu hias tersebut.

Festival ini digelar atas inisiatif Dedi Mulyadi selaku Bupati Purwakarta. Pria yang selalu mengenakan pakaian khas Sunda ini, bertujuan sebagai wisata refleksi sejarah. Karena sungai Cikao merupakan jalur favorit, pernah digunakan pedagang cina pada masa lalu, untuk mendistribusikan barang dagangannya ke seantero tanah Sunda.

“Untuk mengingatkan kepada kita sekalian, bahwa Sungai Cikao ini memiliki sejarah panjang, dalam perdagangan pada masanya,” ungkap Kang Dedi Mulyadi di lokasi Festival.

Parade Puluhan Perahu

Festival Walungan Cikao, selain diikuti parade puluhan perahu, juga mengadakan lomba dayung tradisional dan perahu tempel.

Namun yang tidak kalah penting, dengan dibuatnya sebagai area wisata, sekaligus mencegah masalah baru Sungai Citarum, yang merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat. Yakni, penambangan pasir liar.

“Intinya kami tidak ingin menambah masalah bagi Sungai Citarum. Kita tata sebaik mungkin. Termasuk perbaikan infrastrukturnya. Ditempat ini kita buat festival kuliner cikao,” papar ayah dua anak ini.

Bangga Warga Setempat

Salah seorang warga Cikao Bandung bernama Ano (46),  yang berprofesi sebagai pengemudi perahu tempel, menyambut baik program baru ini. Ia bangga daerahnya kini, ditetapkan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan. Sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan warga sekitar.

“Kami disini menyambut baik, semoga kehidupan ekonomi kami menjadi lebih sejahtera,” ujar Ano.

 

 

D Tour Travel

Informasi & Pemesanan : Tiket Pesawat, Bus Pariwisata, Hotel, Sewa Mobil, Tour

Hubungi : DIDI

HP/WA : 085246776009

email: didi.12management@gmail.com

Alamat: Ancol Beach City, Blok UG. 32C, Taman Impian Jaya Ancol