Mantan Presiden Iran Rafsanjani Meninggal Dunia

Akbar Hashemi Rafsanjani, Mantan Presiden Iran, meninggal dunia di Teheran (8/1), akibat serangan jantung di usia 82 tahun. Semasa hidupnya, pemimpin Revolusi Islam 1979, sekaligus orang terdekat Ayatollah Ruhollah Khomeini ini, Semasa hidupnya menjadi Presiden Iran selama dua periode.

Dikutip dari kantor berita AFP, Rafsanjani sempat dilarikan ke rumah sakit daerah Tajrish di Teheran utara, sebelum menghembuskan nafas terakhirnya. Tim dokter telah berupaya maksimal menyematkannya, namun tidak tertolong lagi.

Almarhum Akbar Hashemi Rafsanjani, atau juga dikenal dengan nama Hashemi Bahramani, adalah seorang politisi dan penulis. Presiden keempat Iran ini, dilahirkan pada 25 Agustus1934 di Bahreman Iran. Pernikahannya dengan Effat Marashi di tahun 1958, dikarunia lima orang anak.

“Ayatollah Hashemi Rafsanjani, Kepala Dewan Penegasan Kemanfaatan, setelah seumur hidup berjuang tanpa henti menuju jalan Islam, dan revolusi, telah meninggal dunia,” info dari The New York Times.

Rafsanjani memiliki karier panjang sebagai seorang revolusioner. Sosoknya memberi pengaruh positip, sehingga Ia banyak dipuji oleh rakyat Iran.

“Dia akan selalu dirindukan. Ia memberikan kami harapan,” ujar Farshad Ghorbanpour, seorang analis politik yang dekat dengan kalangan reformis.